AgendaKampus

Rilis Simposium Lembaga Dakwah Se-UNJ

Jakarta, Gd Pascasarjana Lt 2 – Sabtu (14/3) telah terlaksana kegiatan Simposium Lembaga Dakwah se-UNJ dengan tema “Sinergisasi Dakwah dalam Bingkai Ukhuwah” yang dihadiri oleh punggawa dari setiap lembaga dakwah di UNJ, dari tingkat prodi, fakultas, dan universitas. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bung Hatta ini berisi dua rangkaian acara inti yaitu apel Piagam Lembaga Dakwah UNJ dan taujih untuk penguatan para punggawa lembaga dakwah se-UNJ. Acara pertama yaitu apel Piagam Lembaga Dakwah UNJ yang dimulai pada sekitar pukul 10.30. Apel ini berisi pelantikan ketu-ketua umum lembaga dakwah UNJ, pembacaan ikrar punggawa lembaga dakwah, dan pembacaan piagam lembaga dakwah UNJ yang kemudian ditanda tangani oleh seluruh ketua umum lembaga dakwah UNJ.

APEL: Pelantikan ketua-ketua umum Lembaga Dakwah UNJ (Foto: Rimbi)

 

APEL: Pembacaan Piagam Lembaga Dakwah UNJ (Foto: Rimbi)

 

Piagam Lembaga Dakwah UNJ adalah konsensus dakwah yang disepakati oleh punggawa lembaga dakwah UNJ dalam upaya sinergitas dakwah di UNJ. Adapun poin-poin yang telah dimusyawarhkan dan disepakati yaitu :

  1. Menjalin Hubungan Baik dengan Opmawa/Ormawa di UNJ
  2. Menyukseskan Eco-Green Kampus
  3. Mendukung Produk-Produk Islam
  4. Menyiarkan Islam secara Menyeluruh di Kampus UNJ
  5. Gerakan Lebih Dekat dengan Al-Qur’an
  6. Meningkatkan Profesionalitas Lembaga Dakwah
  7. Gerakan Hidup Bersih dan Sehat
  8. Memberikan Teladan bagi Mahasiswa
  9. Meningkatkan Budaya Literasi

TAUJIH: Ust Agus Supriyatna sedang menyampaikan taujih (Foto: Ilham)

Apel selesai sekitar waktu mendekati dzuhur. Setelah dzuhur, kegiatan dilanjutkan dengan taujih yang disampaikan oleh Ustadz Agus Supriyatna. Taujih kali ini bertemakan tentang “Ruhiyah Sebelum Berdakwah”. Ada beberapa poin penting yang dijelaskan oleh Ust Agus terkait tema taujih pada siang hari itu yaitu :

Pada masa Rasulullah SAW, sahabat nabi yang disebut sahabat itu terbagi ke dalam tiga kelompok yaitu

  1. Kelompok Syakshiah Qobuli Islam

Kelompok ini adalah pribadi yang menerima Islam. Mereka adalah orang-orang yang menikmati betul beribadah kepada Allah seperti membaca Al-quran, kemudian mereka belajar mengaji di rumah Arqam bin Abil Arqam. Tapi kemudian rasul mewajibkan mereka yang kelompok kedua, yaitu Syakshiah Qobuli Dakwah

  1. Kelompok Syakshiah Qobuli Dakwah

Kelompok ini adalah pribadi yang menerima tanggung jawab dakwah. Mereka adalah orang-orang yang selain beribadah kepada Allah juga mendapat tantangan yaitu mensyiarkan agama Islam untuk seluruh manusia. Maka kemudian di sini Rasulullah mewajibkan orang-orang yang sudah menerima Islam itu untuk berdakwah.

  1. Kelompok Syakshiah Qobuli Takdir

Kelompok ini adalah pribadi yang siap menjadi generasi pengubah dan porsi tanggung jawabnya lebih besar. Itulah makanya visi dakwah bukan hanya mensholehkan warga yang berada di lingkungan kecil, tapi juga mensholehkan seluruh manusia yang ada di muka bumi ini.

Alhamdulillah kegiatan Simposium yang dihadiri oleh 163 punggawa saat itu berjalan dengan lancar. Kegiatan kemudian diakhiri dengan foto bersama. Semoga kegaiatan Simposium Lembaga Dakwah se UNJ ini dapat membawa keberkahan untuk dakwah di UNJ serta menjadi langkah baru untuk menyatukan semangat berdakwah di kampus kita tercinta. Terakhir, semoga poin-poin yang telah disepakati dalam Piagam Lembaga Dakwah dapat direalisasikan dengan baik oleh kita semua. Aamiin..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *